Gugus penjaminan mutu dan peningkatan reputasi (gpm-pr) adalah gugus yang dibentuk oleh rektor dengan tugas melakukan penjaminan dan pengendalian mutu internal di tingkat fakultas sesuai dengan peraturan rektor universitas hasanuddin nomor 16/un4.1/2022 tentang organisasi dan tata kerja fakultas dan sekolah Universitas Hasanuddin. Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi mempunyai tugas merencanakan, menerapkan, mengendalikan dan mengembangkan penjaminan mutu dan peningkatan reputasi sesuai dengan bidang tugasnya. Dalam melaksanakan tugas Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi mempunyai fungsi
- perumusan kebijakan mutu akademik dan reputasi yang sejalan dengan kebijakan mutu akademik Unhas, dalam rangka pencapaian target kinerja akademik Fakultas dan program studi;
- perumusan dan pengembangan standar mutu akademik yang sejalan dengan standar mutu Unhas;
- perencanaan dan pelaksanaan program strategis untuk peningkatan reputasi dan perankingan pada level Fakultas;
- pengembangan dan penguatan kerjasama dengan Lembaga-lembaga perangkingan nasional dan internasional melalui koordinasi Pusat Peningkatan Reputasi Unhas;
- pelaksanaan standar mutu akademik dan manajemen yang sejalan dengan standar mutu Unhas;
- perumusan manual mutu akademik dan reputasi yang sejalan dengan manual mutu Unhas;
- pengembangan sistem monitoring dan evaluasi mutu akademik dan reputasi berbasis sistem informasi;
- pelaksanaan program peningkatan reputasi dan perangkingan baik nasional maupun internasional;
- pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan jaminan mutu akademik dan reputasi;
- penyampaian laporan hasil monitoring dan evaluasi beserta rekomendasi secara tertulis kepada Dekan;
- pelaksanaan analisis terhadap tindak lanjut pelaksanaan monitoring dan evaluasi;
- pemberian rekomendasi perbaikan untuk mencapai sasaran fakultas dan program studi; dan
- pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Dekan.
Pelaksana Tugas
- Ketua GPMPR FKep Unhas : Dr. Suni Hariati, S.Kep.,Ns.,M.Kep
- Sekretaris : Arnis Puspita, S.Kep.,Ns.,M.Kes
- Staff : Rizal Priyatama Anwar, SE
1. Kebijakan SPMI
Kebijakan SPMI merupakan perangkat aturan yang menjadi rujukan pelaksanaan dan praktik mutu bagi berbagai pilar penyelenggaraan dan pengelolaan dalam menegakkan Tridharma Universitas Hasanuddin. Kebijakan ini menjadi landasan dalam menyusun dokumen-dokumen yang lebih operasional dibawahnya yakni Standar SPMI, Manual SPMI, dan Formulir SPMI dalam rangka pelaksanaan SPMI yang merujuk pada Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin Nomor 4867/UN4/IT.03/2017 tentang Kebijakan Penjaminan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Dokumen Kebijakan SPMI berisi tentang rancangan dan implementasi budaya mutu Unhas, landasan filosofis, paradigma, dan prinsip kelembagaan dan manajemen Universitas Hasanuddin khususnya menyangkut visi, misi dan tujuan penyelenggaraan pendidikan Universitas Hasanuddin.
2. Standar Mutu
Standar SPMI merupakan kriteria yang menunjukkan tingkat capaian kinerja yang diharapkan dan digunakan untuk mengukur serta menjabarkan persayaratan mutu dan prestasi kerja dari individu ataupun unit kerja. Standar SPMI Fakultas Keperawatan Unhas mengacu pada standar SPMI Unhas. Standar ini terdiri dari standar minimal SN DIKTI yaitu standar pembelajaran (8 standar), standar penelitian (8 standar), dan standar pengabdian masyarakat (8 standar); ditambah dengan standar tambahan yang ditetapkan oleh UNHAS.
3. Manual Mutu
Manual SPMI adalah dokumen tertulis berisi petunjuk praktis tentang bagaimana menjalankan atau melaksanakan SPMI. Buku/Dokumen Manual SPMI ini bermanfaat untuk memandu pemegang otoritas keputusan lingkup SPMI, dosen serta tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan Standar SPMI, sesuai dengan kewenangan masing-masing standar yang sudah ditetapkan oleh standar Dikti yang merujuk pada SN-PT Dikti. Manual ini berlaku untuk semua standar pada saat standar dirancang, dirumuskan dan ditetapkan.Luas lingkup implementasi adalah pada aspek Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan SPMI (PPEPP).
4. Formulir Mutu
Formulir SPMI berisi formulir-formulir dan template yang dibutuhkan dari setiap standar mutu sebagai pedoman langkah-langkah pelaksanaan tugas dan pendokumentasian pelaksanaan tugas/kegiatan.
5. Prodesur Operasional Standar
Pasal 5 ayat (1) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 Tentang SPM Dikti menyatakan bahwa SPMI memiliki siklus kegiatan yang terdiri atas: Penetapan Standar Pendidikan Tinggi, Pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi; Evaluasi pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi, Pengendalian pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi; dan Peningkatan Standar Pendidikan Tinggi. Evaluasi sebagaimana dimaksud dalam ayat tersebut dilakukan melalui Audit Mutu Internal.
Audit Mutu adalah pengujian sistematik dan mandiri untuk memastikan pelaksanaan kegiatan PT secara efektif telah sesuai dengan rencana dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi/PT serta peluang peningkatannya. Audit ini bertujuan untuk:
- Mengetahui kesesuaian atau ketidaksesuaian.
- Mengevaluasi kemampuan system dalam memenuhi persyaratan peraturan/ perundangan dan persyaratan lain yang relevan (jika ada)
- Mengevaluasi efektifitas penerapan sistem.
- Mengidentifikasi peluang perbaikan.
Audit Mutu Internal dilaksanakan oleh Unhas secara periodik (per tahun) dan secara online melalui https://spmi.unhas.ac.id/

Hasil AMI Fakultas Keperawatan
a. Prodi DIII Keperawatan
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
![]() |
![]() |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
b. Prodi Sarjana Keperawatan
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
![]() |
![]() |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
c. Prodi Profesi Ners
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
![]() |
![]() |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
d. Prodi S1 Fisioterapi
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
![]() |
![]() |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
e. Prodi Profesi Fisioterapi
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
![]() |
![]() |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
f. Prodi Magister Keperawatan
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
![]() |
![]() |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
g. Prodi Spesialis KMB
TAHUN 2021 | TAHUN 2022 |
Belum Berdiri | Belum Berdiri |
TAHUN 2023 | TAHUN 2024 |
![]() |
![]() |
ISO 9001 : 2015 merupakan standar manajemen mutu yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang di dalamnya mencakup beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system. Dalam rangka menjaga komitmen tersebut maka Universitas Hasanuddin dari tahun ke tahun terus melakukan standarisasi kualitas produk yang mengacu pada International Organization for Standardization (ISO). Audit ISO 9001:2015 dilakukan:
- Audit eksternal
Audit eksternal dilakukan satu kali setahun dari PT SAI GLOBAL - Audit internal
Audit internal dilakukan dua kali setahun oleh auditor internal yang telah tersertifikasi
1. Sertifikat ISO 9001;2015 (2019-2022)
2. Sertifikat ISO Tahun 2022 – 2025
1. Akreditasi Universitas
Nama PT | UNIVERSITAS HASANUDDIN |
Alamat | Kampus Unhas – Tamalanrea Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar Sulawesi Selatan. |
Homepage dan E-Mail | http://www.unhas.ac.id |
No.dan Tgl. SK Pendirian Institusi | Peraturan Pemerintah PP-RI No.23 Th.1956, Lembar Negara LN-RI No 39 Th.1956 |
Status Akreditasi |
Unggul |
2. Akreditasi Program Studi Nasional
No | Jenis Program | Prodi | Akreditasi | Link Download sertifikat akreditasi | |||
Status/peringkat | No. SK | Tgl kadaluarsa | Akreditasi Nasional | ||||
1 | Diploma | Diploma III Keperawatan | Baik Sekali | 0175 / LAM-PTKes/Akr /Dip /ttr / 2023 | 10 Maret 2028 | LAM-PTKes | Klik Disini |
2 | Sarjana | S1 Keperawatan | Unggul | 0315/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2024 | 29 Mei 2029 | LAM-PTKes | Klik Disini |
3 | Sarjana | S1 Fisioterapi | Unggul | 0274/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2023 | 13 April 2028 | LAM-PTKes | Klik Disini |
4 | Profesi | Profesi Ners | Unggul | 0316/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2024 | 29 Mei 2029 | LAM-PTKes | Klik Disini |
5 | Profesi | Profesi Fisioterapi | Unggul | 0275/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2023 | 13 April 2028 | LAM-PTKes | Klik Disini |
6 | Magister | Magister Keperawatan | Unggul | 0110/LAM-PTKes/Akr/Mag/II/2025 | 27 Februari 203o | LAM-PTKes | Klik Disini |
7 | Spesialis | Spesialis Keperawatan Medikal Bedah | Baik | 0179/LAM-PTKes/Akr.PB/Spe/VI/2024 | 26 Mei 2025 | LAM-PTKes | Klik Disini |
3. Akreditasi Internasional
No |
Jenis Program |
Prodi |
Akreditasi |
Link Download Sertifikat | |||
Status/peringkat | No. SK | Tgl kadaluarsa |
Akreditasi Internasional |
||||
1 |
Bachelor of Science and Nursing / Profesional Nurse | BSN – PN | Full Accreditation | – | 19 October 2025 | ASIIN | Klik Disini |
2 |
Master of Nursing | MN | Full Accreditation | – | 19 October 2025 | ASIIN | Klik Disini |
KEPUASAN PELANGGAN
Survey tingkat kepuasan pelanggan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan guna mengetahui seberapa puas pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Survey kepuasan pelanggan dilakukan selama 2 kali setahun sesuai dengan target sasaran mutu Fakultas Keperawatan UNHAS maupun Sasaran Mutu UNHAS secara umum. Dalam syarat tersebut kepuasan pelanggan harus diukur pada semua pelanggan internal maupun eksternal yaitu mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pengguna lulusan, mitra kerjasama dan alumni. Adapun komponen instrumen kepuasan pelanggan adalah:
- Mahasiswa (manajemen, pelayanan, dan pembelajaran),
- Dosen (manajemen, penelitian, dan PkM),
- Tenaga kependidikan (manajemen),
- Lulusan / alumni (manajemen, pembelajaran, kompetensi),
- Pengguna lulusan (manajemen dan kompetensi),
- Mitra kerja sama (manajemen, pembelajaran, penelitian, PkM)
TAHAP SURVEY KEPUASAN PELANGGAN
Adapun tahapan survey kepuasan pelanggan yang diterapkan pada Fakultas Keperawatan UNHAS adalah
- Menggunakan Instrumen yang digunakan sahih, andal dan mudah dipahami dan mudah di akses
- Penentuan estimasi besar sampel sesuai dengan populasi yang ada
- Sosialisasi instrumen survey kepuasan pelanggan
- Analisa hasil survey kepuasan pelanggan
- Umpan Balik
- Rapat Tinjuan Manajemen
- Monev Hasil tindak lanjut umpan balik
INSTRUMEN KEPUASAN PELANGGAN
Instrumen instrumen disiapkan melalui pencarian literatur dan critical review dan melalui proses penyusunan yang sesuai standar untuk memenuhi validitas dan reliabilitas. Adapun nilai validitas isi dari instrument dengan nilai rentang I-CVI dan S-CVI sebagai berikut
No | Jenis Instrumen | Nilai I-CVI (min-max) | Nilai S-CVI/ave |
1 | Kepuasan Mahasiswa | 0.83 – 1 | 0.99 |
2 | Kepuasan Dosen | 0.83 – 1 | 0.99 |
3 | Kepuasan tenaga kependidikan | 1 | 1 |
4 | Kepuasan Alumni | 0.83 – 1 | 0.99 |
5 | Kepuasan pengguna lulusan | 1 | 1 |
6 | Kepuasan mitra kerjasama | 0.83 – 1 | 0.98 |
7 | Pemahaman VMTS | 1 | 1 |
ANALISIS HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN
Hasil survey kepuasan pelanggan pada Fakultas keperawatan UNHAS dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan dideskripsikan distribusi presentasenya, analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Important Performance Analysis (IPA), selain itu masukan-masukan responden yang berupa kalimat akan dinalisis dengan mengelompokkan makna-makna yang sama kemudian akan dikuantifikasi.
Nilai maksimum CSI adalah 100%. Nilai CSI 50% atau lebih rendah menandakan kinerja pelayanan yang kurang baik. Nilai CSI 76% atau lebih tinggi mengindikasikan pelanggan merasa puas terhadap kinerja pelayanan. Hasil CSI akan dikategorikan sesuai dengan kriteria pada Tabel 1.
No | Nilai CSI | Kategori |
1 | 0% – 34.9% | Tidak puas |
2 | 35.0% – 50.9% | Kurang puas |
3 | 51.0% – 65.9% | Cukup puas |
4 | 66.0% – 80.9% | Puas |
5 | 81.0% – 100.0% | Sangat Puas |
Kepuasan pelanggan
No | Survey | Link | Tahun Mulai Digunakan |
1 | Survey kepuasan Mahasiswa | https://forms.gle/x7RFjX4roALV5Nhv8 | Tahun 2021 |
2 | Survey Kepuasan Dosen | https://forms.gle/r9VmfoZA3k8pndKQA | Tahun 2021 |
3 | Survey kepuasan Tenaga kependidikan | https://forms.gle/tuT1fHSSNzk7S79D6 | Tahun 2021 |
4 | Survey Kepuasan Alumni | https://forms.gle/TcHfpPNNEq9VAbnN6 | Tahun 2021 |
5 | Survey Kepuasan Pengguna Alumni | https://forms.gle/W3z48jBPATwTitdB6 | Tahun 2021 |
6 | Survey Kepuasan Mitra Kerjasama | English https://forms.gle/mnufQUwPG83Gnc2T7 |
Tahun 2021 |
7 | Survey Pemahaman VMTS | Prodi Spesialis KMB https://forms.gle/KFPNBjr4oVuwouiA7 Prodi Magister keperawatan Prodi S1 Keperawatan dan profesi Ners Prodi S1 Fisioterapi dan profesi fisioterapi Prodi D3 Keperawatan |
Tahun 2021 |
8 | Survey Evaluasi Pembelajaran Prodi | https://forms.gle/BQyuMxABGt433JnJ9 | |
9 | Survey kepuasan Masyarakat peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat | https://forms.gle/vMyvSnLbCiXSvpPC8 | Tahun 2021 |
10 | Survey kepuasan pelatihan/workshop dosen/tendik | Tahun 2021 | |
11 | Survey pengukuran actual workload | Prodi Magister keperawatan https://forms.gle/6HgTamksmGdJpvbB9 Prodi S1 Keperawatan Profesi Ners |
Tahun 2021 |
12 | Survey animo calon mahasiswa | https://forms.gle/W5zfKuEH4W3nY7ej8 | Tahun 2021 |
HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN (Customer Satisfaction Index, CSI)





