Gugus penjaminan mutu dan peningkatan reputasi (gpm-pr) adalah gugus yang dibentuk oleh rektor dengan tugas melakukan penjaminan dan pengendalian mutu internal di tingkat fakultas sesuai dengan peraturan rektor universitas hasanuddin nomor 16/un4.1/2022 tentang organisasi dan tata kerja fakultas dan sekolah Universitas Hasanuddin. Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi mempunyai tugas merencanakan, menerapkan, mengendalikan dan mengembangkan penjaminan mutu dan peningkatan reputasi sesuai dengan bidang tugasnya. Dalam melaksanakan tugas Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi mempunyai fungsi

  1. perumusan kebijakan mutu akademik dan reputasi yang sejalan dengan kebijakan mutu akademik Unhas, dalam rangka pencapaian target kinerja akademik Fakultas dan program studi;
  2. perumusan dan pengembangan standar mutu akademik yang sejalan dengan standar mutu Unhas;
  3. perencanaan dan pelaksanaan program strategis untuk peningkatan reputasi dan perankingan pada level Fakultas;
  4. pengembangan dan penguatan kerjasama dengan Lembaga-lembaga perangkingan nasional dan internasional melalui koordinasi Pusat Peningkatan Reputasi Unhas;
  5. pelaksanaan standar mutu akademik dan manajemen yang sejalan dengan standar mutu Unhas;
  6. perumusan manual mutu akademik dan reputasi yang sejalan dengan manual mutu Unhas;
  7. pengembangan sistem monitoring dan evaluasi mutu akademik dan reputasi berbasis sistem informasi;
  8. pelaksanaan program peningkatan reputasi dan perangkingan baik nasional maupun internasional;
  9. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan jaminan mutu akademik dan reputasi;
  10. penyampaian laporan hasil monitoring dan evaluasi beserta rekomendasi secara tertulis kepada Dekan;
  11. pelaksanaan analisis terhadap tindak lanjut pelaksanaan monitoring dan evaluasi;
  12. pemberian rekomendasi perbaikan untuk mencapai sasaran fakultas dan program studi; dan
  13. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Dekan.

Pelaksana Tugas

  • Ketua GPMPR FKep Unhas : Dr. Suni Hariati, S.Kep.,Ns.,M.Kep
  • Sekretaris : Arnis Puspita, S.Kep.,Ns.,M.Kes
  • Staff : Rizal Priyatama Anwar, SE

1. Kebijakan SPMI

Kebijakan SPMI merupakan perangkat aturan yang menjadi rujukan pelaksanaan dan praktik mutu bagi berbagai pilar penyelenggaraan dan pengelolaan dalam menegakkan Tridharma Universitas Hasanuddin. Kebijakan ini menjadi landasan dalam menyusun dokumen-dokumen yang lebih operasional dibawahnya yakni Standar SPMI, Manual SPMI, dan Formulir SPMI dalam rangka pelaksanaan SPMI yang merujuk pada Peraturan Senat Akademik Universitas  Hasanuddin  Nomor 4867/UN4/IT.03/2017 tentang Kebijakan Penjaminan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Dokumen Kebijakan SPMI berisi tentang rancangan dan implementasi budaya mutu Unhas, landasan filosofis, paradigma, dan prinsip kelembagaan dan manajemen Universitas Hasanuddin khususnya menyangkut visi, misi dan tujuan penyelenggaraan pendidikan Universitas Hasanuddin.

2. Standar Mutu

Standar SPMI merupakan kriteria yang menunjukkan tingkat capaian kinerja yang diharapkan dan digunakan untuk mengukur serta menjabarkan persayaratan mutu dan prestasi kerja dari individu ataupun unit kerja. Standar SPMI Fakultas Keperawatan Unhas mengacu pada standar SPMI Unhas. Standar ini terdiri dari standar minimal SN DIKTI yaitu standar pembelajaran (8 standar), standar penelitian (8 standar),  dan standar pengabdian masyarakat (8 standar); ditambah dengan standar tambahan yang ditetapkan oleh UNHAS.

3. Manual Mutu

Manual SPMI adalah dokumen tertulis berisi petunjuk praktis tentang bagaimana menjalankan atau melaksanakan SPMI. Buku/Dokumen Manual SPMI ini bermanfaat untuk memandu pemegang otoritas  keputusan lingkup SPMI, dosen serta tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan  Standar  SPMI,  sesuai dengan kewenangan masing-masing  standar yang sudah ditetapkan  oleh  standar Dikti yang merujuk pada SN-PT Dikti. Manual ini berlaku untuk semua standar pada saat standar dirancang, dirumuskan dan ditetapkan.Luas lingkup implementasi adalah pada aspek Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan SPMI (PPEPP).

4. Formulir Mutu

Formulir SPMI berisi formulir-formulir dan template yang dibutuhkan dari setiap standar mutu sebagai pedoman langkah-langkah pelaksanaan tugas dan pendokumentasian pelaksanaan tugas/kegiatan.

5. Prodesur Operasional Standar

Daftar list SOP 

Pasal 5 ayat (1) Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 Tentang SPM Dikti menyatakan bahwa  SPMI memiliki siklus kegiatan yang terdiri atas: Penetapan Standar Pendidikan Tinggi, Pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi; Evaluasi pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi, Pengendalian pelaksanaan Standar Pendidikan Tinggi; dan Peningkatan Standar Pendidikan Tinggi.  Evaluasi sebagaimana dimaksud dalam ayat tersebut dilakukan melalui Audit Mutu Internal.

Audit Mutu adalah pengujian sistematik dan mandiri untuk memastikan pelaksanaan kegiatan PT secara efektif telah sesuai dengan rencana dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi/PT serta peluang peningkatannya. Audit ini bertujuan untuk:

  1. Mengetahui kesesuaian atau ketidaksesuaian.
  2. Mengevaluasi kemampuan system dalam memenuhi persyaratan peraturan/ perundangan dan persyaratan lain yang relevan (jika ada)
  3. Mengevaluasi efektifitas penerapan sistem.
  4. Mengidentifikasi peluang perbaikan.

Audit Mutu Internal dilaksanakan oleh Unhas secara periodik (per tahun) dan secara online melalui https://spmi.unhas.ac.id/

Hasil AMI Fakultas Keperawatan

a. Prodi DIII Keperawatan

TAHUN 2021 TAHUN 2022
TAHUN 2023 TAHUN 2024

b. Prodi Sarjana Keperawatan

TAHUN 2021 TAHUN 2022
TAHUN 2023 TAHUN 2024

c. Prodi Profesi Ners

TAHUN 2021 TAHUN 2022
TAHUN 2023 TAHUN 2024

d. Prodi S1 Fisioterapi

TAHUN 2021 TAHUN 2022
TAHUN 2023 TAHUN 2024

e. Prodi Profesi Fisioterapi

TAHUN 2021 TAHUN 2022
TAHUN 2023 TAHUN 2024

f. Prodi Magister Keperawatan

TAHUN 2021 TAHUN 2022
TAHUN 2023 TAHUN 2024

g. Prodi Spesialis KMB

TAHUN 2021 TAHUN 2022
Belum Berdiri Belum Berdiri
TAHUN 2023 TAHUN 2024

ISO 9001 : 2015 merupakan standar manajemen mutu  yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang di dalamnya mencakup beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system. Dalam rangka menjaga komitmen tersebut maka Universitas Hasanuddin dari tahun ke tahun terus melakukan standarisasi kualitas produk yang mengacu pada International Organization for Standardization (ISO). Audit ISO 9001:2015 dilakukan:

  1. Audit eksternal
    Audit eksternal dilakukan satu kali setahun dari PT SAI GLOBAL
  2. Audit internal
    Audit internal dilakukan dua kali setahun oleh auditor internal yang telah tersertifikasi

 

1. Sertifikat ISO 9001;2015 (2019-2022)

2. Sertifikat ISO Tahun 2022 – 2025

 

1. Akreditasi Universitas

Nama PT UNIVERSITAS HASANUDDIN
Alamat Kampus Unhas – Tamalanrea  Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar Sulawesi Selatan.
Homepage dan E-Mail http://www.unhas.ac.id
No.dan Tgl. SK Pendirian Institusi Peraturan Pemerintah PP-RI No.23 Th.1956, Lembar Negara LN-RI No 39 Th.1956
Status Akreditasi

Unggul

Download Disini

2. Akreditasi Program Studi Nasional

No Jenis Program Prodi Akreditasi Link Download sertifikat akreditasi
Status/peringkat No. SK Tgl kadaluarsa Akreditasi Nasional
1 Diploma Diploma III Keperawatan Baik Sekali 0175 / LAM-PTKes/Akr /Dip /ttr / 2023 10 Maret 2028 LAM-PTKes Klik Disini
2 Sarjana S1 Keperawatan Unggul 0315/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2024 29 Mei 2029 LAM-PTKes Klik Disini
3 Sarjana S1 Fisioterapi Unggul 0274/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2023 13 April 2028 LAM-PTKes Klik Disini
4 Profesi Profesi Ners Unggul 0316/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2024 29 Mei 2029 LAM-PTKes Klik Disini
5 Profesi Profesi Fisioterapi Unggul 0275/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2023 13 April 2028 LAM-PTKes Klik Disini
6 Magister Magister Keperawatan Unggul 0110/LAM-PTKes/Akr/Mag/II/2025 27 Februari 203o LAM-PTKes Klik Disini
7 Spesialis Spesialis Keperawatan Medikal Bedah Baik 0179/LAM-PTKes/Akr.PB/Spe/VI/2024 26 Mei 2025 LAM-PTKes Klik Disini

3. Akreditasi Internasional

 

No

Jenis Program

Prodi

Akreditasi

Link Download Sertifikat
Status/peringkat No. SK Tgl kadaluarsa

Akreditasi Internasional

1

Bachelor of Science and Nursing / Profesional Nurse BSN – PN Full Accreditation 19 October 2025 ASIIN Klik Disini

2

Master of Nursing MN Full Accreditation 19 October 2025 ASIIN Klik Disini

KEPUASAN PELANGGAN

Survey tingkat kepuasan pelanggan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan guna mengetahui seberapa puas pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Survey kepuasan pelanggan dilakukan selama 2 kali setahun sesuai dengan target sasaran mutu Fakultas Keperawatan UNHAS maupun Sasaran Mutu UNHAS secara umum. Dalam syarat tersebut kepuasan pelanggan harus diukur pada    semua pelanggan internal maupun eksternal yaitu mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pengguna lulusan, mitra kerjasama dan alumni. Adapun komponen instrumen kepuasan pelanggan adalah:

  1. Mahasiswa (manajemen, pelayanan, dan pembelajaran),
  2. Dosen (manajemen, penelitian, dan PkM),
  3. Tenaga kependidikan (manajemen),
  4. Lulusan / alumni (manajemen, pembelajaran, kompetensi),
  5. Pengguna lulusan (manajemen dan kompetensi),
  6. Mitra kerja sama (manajemen, pembelajaran, penelitian, PkM)

TAHAP SURVEY KEPUASAN PELANGGAN

Adapun tahapan survey kepuasan pelanggan yang diterapkan pada Fakultas Keperawatan UNHAS adalah

  1. Menggunakan Instrumen yang digunakan sahih, andal dan mudah dipahami dan mudah di akses
  2. Penentuan estimasi besar sampel sesuai dengan populasi yang ada
  3. Sosialisasi instrumen survey kepuasan pelanggan
  4. Analisa hasil survey kepuasan pelanggan
  5. Umpan Balik
  6. Rapat Tinjuan Manajemen
  7. Monev Hasil tindak lanjut umpan balik

INSTRUMEN KEPUASAN PELANGGAN

Instrumen instrumen disiapkan melalui pencarian literatur dan critical review dan melalui proses penyusunan yang sesuai standar untuk memenuhi validitas dan reliabilitas. Adapun nilai validitas isi dari instrument dengan nilai rentang I-CVI dan S-CVI sebagai berikut

No Jenis Instrumen Nilai    I-CVI (min-max) Nilai S-CVI/ave
1 Kepuasan Mahasiswa 0.83 – 1 0.99
2 Kepuasan Dosen 0.83 – 1 0.99
3 Kepuasan tenaga kependidikan 1 1
4 Kepuasan Alumni 0.83 – 1 0.99
5 Kepuasan pengguna lulusan 1 1
6 Kepuasan mitra kerjasama 0.83 – 1 0.98
7 Pemahaman VMTS 1 1

 

ANALISIS HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN

Hasil survey kepuasan pelanggan pada Fakultas keperawatan UNHAS dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan dideskripsikan distribusi presentasenya, analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Important Performance Analysis (IPA), selain itu masukan-masukan responden yang berupa kalimat akan dinalisis dengan mengelompokkan makna-makna yang sama kemudian akan dikuantifikasi.

Nilai maksimum CSI adalah 100%. Nilai CSI 50% atau lebih rendah menandakan kinerja pelayanan yang kurang baik. Nilai CSI 76% atau lebih tinggi mengindikasikan pelanggan merasa puas terhadap kinerja pelayanan. Hasil CSI akan dikategorikan sesuai dengan kriteria pada Tabel 1.

No Nilai CSI Kategori
1 0% – 34.9% Tidak puas
2 35.0% – 50.9% Kurang puas
3 51.0% – 65.9% Cukup puas
4 66.0% – 80.9% Puas
5 81.0% – 100.0% Sangat Puas

 

Kepuasan pelanggan

No Survey Link Tahun Mulai Digunakan
1 Survey kepuasan Mahasiswa https://forms.gle/x7RFjX4roALV5Nhv8 Tahun 2021
2 Survey Kepuasan Dosen https://forms.gle/r9VmfoZA3k8pndKQA Tahun 2021
3 Survey kepuasan Tenaga kependidikan https://forms.gle/tuT1fHSSNzk7S79D6 Tahun 2021
4 Survey Kepuasan Alumni https://forms.gle/TcHfpPNNEq9VAbnN6 Tahun 2021
5 Survey Kepuasan Pengguna Alumni https://forms.gle/W3z48jBPATwTitdB6 Tahun 2021
6 Survey Kepuasan Mitra Kerjasama English
https://forms.gle/mnufQUwPG83Gnc2T7
Tahun 2021
7 Survey Pemahaman VMTS Prodi Spesialis KMB
https://forms.gle/KFPNBjr4oVuwouiA7

Prodi Magister keperawatan
https://forms.gle/CPZg9vL42BSCmXzj6

Prodi S1 Keperawatan dan profesi Ners
https://forms.gle/9uzcCZdgw56VgiwM7

Prodi S1 Fisioterapi dan profesi fisioterapi
https://forms.gle/Yp3yyF1JJcB84wmTA

Prodi D3 Keperawatan
https://forms.gle/SSgBDY9o3DNBofZJ7

Tahun 2021
8 Survey Evaluasi Pembelajaran Prodi https://forms.gle/BQyuMxABGt433JnJ9
9 Survey kepuasan Masyarakat peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat https://forms.gle/vMyvSnLbCiXSvpPC8 Tahun 2021
10 Survey kepuasan pelatihan/workshop dosen/tendik Tahun 2021
11 Survey pengukuran actual workload Prodi Magister keperawatan
https://forms.gle/6HgTamksmGdJpvbB9

Prodi S1 Keperawatan
https://forms.gle/brLc7hdWgFbvjEPEA

Profesi Ners
https://forms.gle/C9Hzy7pezs8b9oNb7

Tahun 2021
12 Survey animo calon mahasiswa https://forms.gle/W5zfKuEH4W3nY7ej8 Tahun 2021

 

HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN (Customer Satisfaction Index, CSI)

TINDAK LANJUT HASIL SURVEY KEPUASAN PELANGGAN