1. Visi Program Studi
Menjadi Program Studi Magister Ilmu Keperawatan yang berorientasi masyarakat, peka budaya dan berbasis benua maritim yang mampu berdaya saing global di tahun 2025.
2. Misi Program Studi
Untuk mencapai visi tersebut, Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan merumuskan beberapa misi:
- Menyelenggarakan program pembelajaran magister keperawatan berbasis outcome dan evidence dengan pendekatan student centered learning.
- Mengembangkan ilmu keperawatan melalui kegiatan riset yang inovatif.
- Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil riset yang berorientasi pada budaya, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dan pengembangan ilmu keperawatan baik di institusi pendidikan maupun pelayanan kesehatan.
- Menyelenggarakan tata kelola (good governance) pendidikan magister keperawatan yang berbasis informasi dan teknologi.
- Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan negeri maupun swasta, baik lokal, regional, nasional, dan internasional.
3. Profil Lulusan
- Penyedia Pelayanan Kesehatan:
Lulusan Magister Keperawatan mampu mengelola asuhan dan pelayanan keperawatan berdasarkan standar pelayanan dan kompetensi perawat Indonesia serta berdasarkan praktik keperawatan yang berbasis bukti - Manajer :
Lulusan Magister Keperawatan dapat mengembangkan tata kelola dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di berbagai setting pelayanan kesehatan dengan pendekatan proses manajemen melalui pertimbangan aspek hukum dan etika serta kebijakan baik di tingkat lokal maupun nasional. - Pendidik:
Lulusan Magister Keperawatan dapat mengembangkan program pendidikan/pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif serta berdasarkan fakta terkini melalui pendekatan pembelajaran orang dewasa untuk pengembangan kinerja profesional dan peningkatan pelayanan perawatan/kesehatan kepada masyarakat. - Peneliti dan Ilmuwan:
Lulusan program magister keperawatan dapat mengembangkan penelitian dalam lingkup keperawatan/kesehatan guna menghasilkan produk penelitian yang inovatif dan teruji sebagai landasan pemecahan masalah, pengembangan ilmu dan teknologi keperawatan/kesehatan, dan formulasi. kebijakan untuk menyebarluaskan pemikiran dan argumentasi ilmiah, hasil kajian dan hasil penelitian melalui media media massa, jurnal ilmiah kepada civitas akademika dan masyarakat luas.
4. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Daerah | Kode | Hasil belajar |
Sikap (A) | A1 | Nilai-nilai kami antara lain takut akan Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, dan menunaikan tugas berdasarkan prinsip agama, moral, dan etika. |
Pengetahuan (K) | K1 | Menguasai berbagai konsep dan teori keperawatan serta metodologi penelitian keperawatan. |
Keterampilan (S) | S1 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, merumuskan konsepsi ilmiah, argumentasi ilmiah, dan hasil kajian, serta menyebarkan gagasan melalui media massa dan jurnal ilmiah kepada civitas akademika dan masyarakat luas. |
S2 | Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan dengan rekan kerja, rekan kerja intra-profesional dan antar-profesional | |
S3 | Mampu meningkatkan kapasitas profesional melalui pembelajaran sepanjang hayat, kepekaan sosial dan lingkungan. | |
Kompetensi (C) | C1 | Mampu menerapkan prinsip-prinsip etika, hukum dan peka budaya dalam menjalankan peran sebagai peneliti, pendidik kesehatan, pemimpin dan manajer serta penyedia layanan kesehatan. |
C2 | Mampu mengembangkan komunikasi dan koordinasi pada tingkat individu, organisasi dan interprofesional dalam kegiatan akademik dan non-akademik. | |
C3 | Mampu mengembangkan tata kelola pelayanan keperawatan/kesehatan baik di setting klinis maupun komunitas dengan pendekatan manajemen dan kepemimpinan | |
C4 | Mampu mengembangkan program pendidikan/pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif dalam praktik dan pelayanan keperawatan/kesehatan. | |
C5 | Mampu mengembangkan penelitian ilmiah keperawatan dan teknologi keperawatan, menerapkan konsep dan prinsip praktik berbasis bukti, serta mengembangkan inovasi untuk memecahkan masalah keperawatan/kesehatan baik di setting klinis maupun komunitas |
5. Struktur dan Isi Program

Course Structure of the Master of Nursing Study Program Specialization in Medical Surgical Nursing, Faculty of Nursing, Hasanuddin University
SEMESTER | SUBJECTS CODE | FACULTY OF NURSING UNHAS CURRICULUM | Credit Point |
Credit Point Distribution |
|
Subjects | Theory | Practical | |||
Evidence |
21R01210102 |
2 |
2 |
||
21R01210202 |
Science in Nursing | 2 |
2 |
||
21R01210302 |
Ethics and Legal in Nursing | 2 |
2 |
||
21R01210402 |
Research Proposal | 2 |
2 |
||
21R01210502 |
Biostatistic | 2 |
2 |
||
21R01210602 |
Evidence-Based Practice | 2 |
2 |
||
21R0121072 |
Advanced Medical Surgical Assessment | 2 | 1 |
1 |
|
Semester II | 21R01210902 | Nursing Informatics | 2 | 2 | 0 |
21R01211002 | Education in Nursing and Interprofessional Nursing | 2 | 2 | 0 | |
21R01211102 | Nursing Leadership & Management | 2 | 2 | 0 | |
21R01211203 | Advanced Medical Surgical Nursing 1 | 2 | 1 | 1 | |
21R01211302 | Advanced Medical Surgical Nursing 2 | 2 | 1 | 1 | |
21R01221804 | Seminar on Thesis Results | 4 | 4 | 0 | |
Semester III | 21R01221905 | Journal Publication | 5 | 5 | 0 |
21R01222009 | Thesis and Thesis Examination | 9 | 9 | 0 | |
Total | 42 | 39 | 3 |
Course Structure of the Master of Nursing Science Study Program Nursing Management Specialization, Faculty of Nursing, Hasanuddin University
SEMESTER | SUBJECTS CODE | FACULTY OF NURSING UNHAS CURRICULUM | Credit Point | Credit Point Distribution | |
Subjects | Theory | Practical | |||
Evidence Semester I |
21R01210102 | Science Phylosophy | 2 | 2 | |
21R01210202 | Science in Nursing | 2 | 2 | ||
21R01210302 | Ethics and Legal in Nursing | 2 | 2 | ||
21R01210402 | Research Proposal | 2 | 2 | ||
21R01210502 | Biostatistic | 2 | 2 | ||
21R01210602 | Evidence-Based Practice | 2 | 2 | ||
21R0121072 | Management in Nursing | 2 | 2 | ||
Semester II | 21R01210902 | Nursing Informatics | 2 | 2 | |
21R01211002 | Education in Nursing and Interprofessional Nursing | 2 | 2 | ||
21R01211102 | Nursing Leadership & Management | 2 | 2 | ||
21R01211203 | Quality and Safety Management | 2 | 2 | ||
21R01211302 | Nursing Leadership and Management Internship | 2 | 2 | ||
21R01221804 | Seminar on Thesis Results | 4 | 4 | ||
Semester III | 21R01221905 | Journal Publication | 5 | 5 | |
21R01222009 | Thesis and Thesis Examination | 9 | 9 | ||
Total | 42 | 40 | 2 |
DOSEN MAGISTER ILMU KEPERAWATAN

Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si

Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D

Prof. Dr. Elly Lilianty Syattar, S.Kp.,M.Kes.

Andi Masytha Irwan, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D

Prof. Dr. Kadek Ayu Erika, S.Kep., Ns., M.Kes

Dr. Erfina, S.Kep., Ns., M.Kep

Dr. Yuliana Syam, S.Kep., Ns, M.Si.

Dr.Rosyidah Arafat, S.Kep.,Ns.,M.Kep., Sp.Kep.M.B.

Dr. Suni Hariati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.

Dr. Andina Setyawati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.

Dr.Takdir Tahir, S.Kep.,Ns.,M.Kes.

Syahrul, S.Kep,Ns.,M.Kes,.Ph.D.

Saldy Yusuf, S. Kep., Ns., MHS., Ph. D.