1. Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Keperawatan yang berorientasi masyarakat, peka budaya dan berbasis benua maritim yang mampu berdaya saing global di tahun 2025.

2. Misi Program Studi

Untuk mencapai visi tersebut, Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan merumuskan beberapa misi:

  1.  Menyelenggarakan program pembelajaran magister keperawatan berbasis outcome dan evidence dengan pendekatan student centered learning.
  2. Mengembangkan ilmu keperawatan melalui kegiatan riset yang inovatif.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil riset yang berorientasi pada budaya, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dan pengembangan ilmu keperawatan baik di institusi pendidikan maupun pelayanan kesehatan.
  4. Menyelenggarakan tata kelola (good governance) pendidikan magister keperawatan yang berbasis informasi dan teknologi.
  5. Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan negeri maupun swasta, baik lokal, regional, nasional, dan internasional.

3. Profil Lulusan

  1. Penyedia Pelayanan Kesehatan:
    Lulusan Magister Keperawatan mampu mengelola asuhan dan pelayanan keperawatan berdasarkan standar pelayanan dan kompetensi perawat Indonesia serta berdasarkan praktik keperawatan yang berbasis bukti
  2. Manajer :
    Lulusan Magister Keperawatan dapat mengembangkan tata kelola dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di berbagai setting pelayanan kesehatan dengan pendekatan proses manajemen melalui pertimbangan aspek hukum dan etika serta kebijakan baik di tingkat lokal maupun nasional.
  3. Pendidik:
    Lulusan Magister Keperawatan dapat mengembangkan program pendidikan/pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif serta berdasarkan fakta terkini melalui pendekatan pembelajaran orang dewasa untuk pengembangan kinerja profesional dan peningkatan pelayanan perawatan/kesehatan kepada masyarakat.
  4. Peneliti dan Ilmuwan:
    Lulusan program magister keperawatan dapat mengembangkan penelitian dalam lingkup keperawatan/kesehatan guna menghasilkan produk penelitian yang inovatif dan teruji sebagai landasan pemecahan masalah, pengembangan ilmu dan teknologi keperawatan/kesehatan, dan formulasi. kebijakan untuk menyebarluaskan pemikiran dan argumentasi ilmiah, hasil kajian dan hasil penelitian melalui media media massa, jurnal ilmiah kepada civitas akademika dan masyarakat luas.

4. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Daerah Kode Hasil belajar
Sikap (A) A1 Nilai-nilai kami antara lain takut akan Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, dan menunaikan tugas berdasarkan prinsip agama, moral, dan etika.
Pengetahuan (K) K1 Menguasai berbagai konsep dan teori keperawatan serta metodologi penelitian keperawatan.
Keterampilan (S) S1 Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, merumuskan konsepsi ilmiah, argumentasi ilmiah, dan hasil kajian, serta menyebarkan gagasan melalui media massa dan jurnal ilmiah kepada civitas akademika dan masyarakat luas.
S2 Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan dengan rekan kerja, rekan kerja intra-profesional dan antar-profesional
S3 Mampu meningkatkan kapasitas profesional melalui pembelajaran sepanjang hayat, kepekaan sosial dan lingkungan.
Kompetensi (C) C1 Mampu menerapkan prinsip-prinsip etika, hukum dan peka budaya dalam menjalankan peran sebagai peneliti, pendidik kesehatan, pemimpin dan manajer serta penyedia layanan kesehatan.
C2 Mampu mengembangkan komunikasi dan koordinasi pada tingkat individu, organisasi dan interprofesional dalam kegiatan akademik dan non-akademik.
C3 Mampu mengembangkan tata kelola pelayanan keperawatan/kesehatan baik di setting klinis maupun komunitas dengan pendekatan manajemen dan kepemimpinan
C4 Mampu mengembangkan program pendidikan/pembelajaran klinis dan komunitas yang kreatif dan inovatif dalam praktik dan pelayanan keperawatan/kesehatan.
C5 Mampu mengembangkan penelitian ilmiah keperawatan dan teknologi keperawatan, menerapkan konsep dan prinsip praktik berbasis bukti, serta mengembangkan inovasi untuk memecahkan masalah keperawatan/kesehatan baik di setting klinis maupun komunitas

5. Struktur dan Isi Program

Course Structure of the Master of Nursing Study Program Specialization in Medical Surgical Nursing, Faculty of Nursing, Hasanuddin University

SEMESTER SUBJECTS CODE FACULTY OF NURSING UNHAS CURRICULUM Credit Point

Credit Point Distribution

Subjects Theory Practical

Evidence
Semester I

21R01210102

Science Phylosophy

2

2

21R01210202

Science in Nursing 2

2

21R01210302

Ethics and Legal in Nursing 2

2

21R01210402

Research Proposal 2

2

21R01210502

Biostatistic 2

2

21R01210602

Evidence-Based Practice 2

2

21R0121072

Advanced Medical Surgical Assessment 2 1

1

Semester II 21R01210902 Nursing Informatics 2 2 0
21R01211002 Education in Nursing and Interprofessional Nursing 2 2 0
21R01211102 Nursing Leadership & Management 2 2 0
21R01211203 Advanced Medical Surgical Nursing 1 2 1 1
21R01211302 Advanced Medical Surgical Nursing 2 2 1 1
21R01221804 Seminar on Thesis Results 4 4 0
Semester III 21R01221905 Journal Publication 5 5 0
21R01222009 Thesis and Thesis Examination 9 9 0
Total 42 39 3

Course Structure of the Master of Nursing Science Study Program Nursing Management Specialization, Faculty of Nursing, Hasanuddin University

SEMESTER SUBJECTS CODE FACULTY OF NURSING UNHAS CURRICULUM Credit Point Credit Point Distribution
Subjects Theory Practical
Evidence
Semester I
21R01210102 Science Phylosophy 2 2
21R01210202 Science in Nursing 2 2
21R01210302 Ethics and Legal in Nursing 2 2
21R01210402 Research Proposal 2 2
21R01210502 Biostatistic 2 2
21R01210602 Evidence-Based Practice 2 2
21R0121072 Management in Nursing 2 2
Semester II 21R01210902 Nursing Informatics 2 2
21R01211002 Education in Nursing and Interprofessional Nursing 2 2
21R01211102 Nursing Leadership & Management 2 2
21R01211203 Quality and Safety Management 2 2
21R01211302 Nursing Leadership and Management Internship 2 2
21R01221804 Seminar on Thesis Results 4 4
Semester III 21R01221905 Journal Publication 5 5
21R01222009 Thesis and Thesis Examination 9 9
Total 42  40  2

DOSEN MAGISTER ILMU KEPERAWATAN

Ibu dekan 3

Prof. Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si

Rini Rachmawaty (1)

Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D

Profile Picture Prof Elly_Website

Prof. Dr. Elly Lilianty Syattar, S.Kp.,M.Kes.

Andi Masyita

Andi Masytha Irwan, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D

Kadek Ayu 2

Prof. Dr. Kadek Ayu Erika, S.Kep., Ns., M.Kes

Erfina

Dr. Erfina, S.Kep., Ns., M.Kep

Yuliana Syam

Dr. Yuliana Syam, S.Kep., Ns, M.Si.

Rosyidah Arafat

Dr.Rosyidah Arafat, S.Kep.,Ns.,M.Kep., Sp.Kep.M.B.

New_Suni Hariati (1)

Dr. Suni Hariati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.

Andina Setyawati

Dr. Andina Setyawati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.

ns takdir

Dr.Takdir Tahir, S.Kep.,Ns.,M.Kes.

New_Syahrul Said

Syahrul, S.Kep,Ns.,M.Kes,.Ph.D.

Saldy Yusuf

Saldy Yusuf, S. Kep., Ns., MHS., Ph. D.

AKREDITASI MAGISTER ILMU KEPERAWATAN

Magister-Ilmu-Keperawatan-Des-19-Des-24_page-0001

AKREDITASI INTERNASIONAL

ASIIN Certificate Makassar Unhas Ma Nursing 2024-06-28 EJ_page-0001