1. Visi

“Pada tahun 2025, Program Studi Ilmu Keperawatan menjadi pusat ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang insani, berbasis Benua Maritim Indonesia dan berdaya saing global yang unggul dalam bidang Keperawatan Penyakit Tropis

2. Misi

  1. Meningkatkan mutu pendidikan keperawatan melalui  sistem pendidikan terpadu dan  berbasis kompetensi dengan memanfaatkan para tenaga profesional kesehatan dan penyelenggaraan manajemen yang akuntabel
  2. Memacu aktivitas penelitian di lingkungan Prodi Ners Unhas yang berfokus pada keperawatan penyakit tropis dan memiliki daya ungkit bagi pengembangan mutu pendidikan dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan IPTEKS mutakhir
  3. Melakukan pengabdian masyarakat bersama mahasiswa secara lintas program dan sektoral dalam bentuk desa binaan, pelatihan, seminar, dan workshop
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang efektif dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi
  5. Menjalin kerjasama dengan pusat-pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik  lokal, regional, nasional dan internasional

3. Profil Lulusan

  1. Komunikator: Melakukan komunikasi terapeutik kepada pasien, keluarga dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan, dan komunikasi efektif dalam berkolaborasi dengan tim kesehatan.
  2. Pendidik dan promotor kesehatan: Melakukan edukasi dan promosi kesehatan pada sistem klien untuk mencapai kemandirian dalam merawat dirinya dan peningkatan derajat kesehatan keluarga dan komunitas.
  3. Pemberi asuhan keperawatan: Memberikan asuhan keperawatan profesional pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di tatanan klinik, keluarga dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif, holistik dan berbasis bukti penelitian.
  4. Manajer dan Pemimpin: Bertindak sebagai manajer dan pemimpin dalam pemberian pelayanan dan asuhan keperawatan yang menjamin keselamatan pasien dan untuk mengevaluasi pelayanan dan asuhan keperawatan.
  5. Peneliti: Menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah berbasis bukti penelitian dan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah keperawatan dan kesehatan.

4. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Daerah Kode Hasil Belajar
Sikap (S) S1 Bertaqwa kepada Tuhan YME, berjiwa maritim, menunjukkan sikap profesional, prinsip etik, perspektif hukum dan budaya dalam keperawatan.
Pengetahuan (P) P1 Menguasai ilmu keperawatan, sistem informasi dan teknologi kesehatan untuk melakukan asuhan keperawatan berdasarkan pendekatan proses keperawatan yang berbasis bukti penelitian.
Keterampilan Umum (KU) KU1 Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi secara lisan dan tulisan yang bermanfaat bagi pengembangan profesi keperawatan di tingkat nasional dan international yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi.
KU2 Memiliki kompetensi kerja dalam melaksanakan asuhan dan pelayanan keperawatan yang mampu bersaing secara nasional dan global.
Keterampilan Khusus (KK) KK1 Mampu mengelola asuhan keperawatan yang komprehensif dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) berdasarkan hasil penelitian sesuai standar asuhan keperawatan di seluruh area keperawatan sesuai dengan kewenangannya, khususnya penyakit-penyakit yang umum terjadi di Indonesia sebagai negara tropis dan maritim.
KK2 Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat untuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya.
KK3 Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dan kesehatan sesuai dengan kewenangan dan tanggungjawabnya melalui kerjasama dengan sesama perawat dan kolaborasi dengan tim kesehatan lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang sehat.
KK4 Mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan dengan menerapkan keterampilan meneliti dan mengintegrasikan teori ke dalam praktik keperawatan.
KK5 Mampu meningkatkan keahlian profesional di bidang keperawatan melalui pembelajaran seumur hidup.

5. Spesifikasi Program Studi

Nama Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Profesi Ners (Ns)
Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Fakultas Keperawatan
Institusi Universitas Hasanuddin
Alamat Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Indonesia 90245
Email and Website Email: undergraduate.nursing@unhas.ac.id
Web  : https://nursing.unhas.ac.id/

Detail akreditasi oleh badan professional atau hukum

 

 

Peringkat akreditasi = ‘A’ oleh LAM- PTKES pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan LAM-PTKes No.0239 / LAM-PTKES / Akr / Sar / V / 2019 untuk Program Studi Ilmu Keperawatan, Peringkat akreditasi = ‘A’ oleh LAM- PTKES pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan SK LAM-PTKes No. 0240 / LAM-PTKes / Akr / Pro / V / 2019  untuk Program Studi Profesi Ners

Akreditasi Internasional oleh badan Akreditasi Internasional ASIIN dari Jerman dan berlaku sejak 28 Juni 2019 hingga 30 September 2024.

(https://www.eqar.eu/qa-results/search/by-report/report/?id=46943 )

ASIIN merupakan salah satu Lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai SK Kemendikbud Nomor 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional. ASIIN telah teregistrasi pada External Quality Assurance Results (EQAR), yang dinyatakan diakui pada SK tersebut. EQAR merupakan Lembaga yang memeriksa terpenuhinya Standards and Guidelines for Quality Assurance in the European Higher Education Area (EHEA).

Nama Gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep)
Perawat Professional (Ners)

Persyaratan Pendaftaran

 

Ada tiga pilihan untuk masuk ke program ini: Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Universitas Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Lokal (JNS)

Persyaratan masuk umum untuk ketiga jenis penerimaan ini adalah pelamar telah berhasil menyelesaikan pendidikan menengah mereka (Sekolah Menengah Atas) yang ditunjukkan dengan ijazah kelulusan dari Sekolah Menengah Atas.

Persyaratan masuk khusus untuk setiap opsi pendaftaran:

1.   Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN)
a.    SNMPTN dilakukan berdasarkan penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan laporan dari semester pertama hingga kelima selama 3 tahun SMA dan portofolio akademik.
b.   Sekolah yang siswanya melamar SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan prestasi akademik siswa terdaftar Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) / Database Sekolah dan Siswa.
c.    Pelamar memiliki Nomor Identitas Mahasiswa Nasional, memiliki kinerja akademik yang unggul, dan didokumentasikan dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) / Database Sekolah dan Siswa.

2.   Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
a.    Siswa lulusan dari Sekolah Menengah Atas yang telah lulus maksimal tiga tahun terakhir dan telah memiliki ijazah kelulusan.
b.   Siswa SMA yang baru saja dinyatakan lulus dan belum memeperoleh ijazah, diperkenankan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang berisi identitas mahasiswa, foto terbaru lulusan, and stempel asli sekolah asal.

3.   Jalur Masuk Tingkat Universitas (tiga jenis)
a.    Jalur Non-Subsidi
1)  Terdaftar sebagai peserta SBMPTN di tahun berjalan.
2)  Mereka yang telah lulus SBMPTN pada tahun tersebut tidak diizinkan mendaftar.
3)  Harus terdaftar di salah satu program studi Universitas Hasanuddin melalui SBMPTN pada tahun tersebut.

b.   Jalur Prestasi Olahraga, Seni dan Sains
Harus memiliki prestasi di turnamen / level nasional dalam olahraga, seni, dan / atau sains.

c.    Jalur kerjasama untuk transfer kurikulum
1)  Telah menyelesaikan program Dploma 3 tahun dalam bidang keperawatan
2)  Bekerja sebagai perawat
3)  Mendapatkan beasiswa  dari pemerintah atau lembaga tempat kerja mereka yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Universitas Hasanuddin.

Tahun Pertama Meluluskan Mahasiswa 2001
Rata Rata Jumlah Lulusan 60/ tahun
Penerimaan Mahasiswa Setiap Tahun  125 mahasiswa per tahun
Program Structure and Content

Program ini terdiri dari 182 SKS, di mana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 fase; Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan program perawat profesional (Ners)

Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 7 (tujuh) semester selama 4 (empat) tahun yang terdiri dari 48 mata kuliah dengan 146 SKS. Studi tahun pertama memberikan keterampilan dasar dan pengetahuan tentang teori dan praktik keperawatan dasar. Tahun ke-2 dan ke-3 program studi menawarkan pentingnya teori dan praktik keperawatan. Tahun ke-4 studi terutama memberikan praktik klinis yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti.

Program perawat profesional (Ners) diselesaikan dalam 2 (dua) semester selama setahun yang terdiri dari 14 mata kuliah dengan 36 SKS. Selama tahun ke-5, mahasiswa akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas.

Strategi Pengajaran, Pembelajaran dan Metode Penilaian

Sepanjang tahun pertama hingga tahun ke-4 studi, mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar yang bervariasi, mulai dari model pembelajaran kelas, praktek laboratorium, dan early eksposure baik di rumah sakit/puskesmas maupun di komunitas. Sementara pada fase praktek pprofesi di tahun ke-5, digunakan metode preseptorship atau pendampingan oleh instruktur klinik ataupun supervisor institusi

Berbagai metode pembelajaran aktif (Active Lerning) digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan pembelajaran yang berbeda, dan tidak ada mata kuliah yang hanya mengandalkan satu metode pengajaran saja. Beberapa contoh metode pembelajaran yang digunakan antara lain: seminar, studi kasus, bermain peran, diskusi kelompok kecil, think-pair-share, gallery walk, jigsaw, pembelajaran langsung, investigasi kelompok, lokakarya, ceramah, pembelajaran berbasis proyek, demonstrasi, diskusi refleksi kasus, pembelajaran berbasis masalah, latihan keterampilan klinis, dan praktek lapangan.

Pembelajaran dinilai dengan presentasi lisan, partisipasi dalam kelas, laporan karya tulis ilmiah dalam berbagai jenis, portofolio, esai, tes lisan, observasi, pemeriksaan klinis terstruktur objektif (OSCE), kinerja tugas, ujian MCQ, tes komprehensif, pengamatan langsung keterampilan prosedural (DOPS), laporan mahasiswa, peer review, pengamatan kelompok dan proses individu pada penugasan berbasis proyek.

 

Periode StudiStandar dan poin kredit yang diperoleh

9 semester (7 semester untuk tahap sarjana keperawatan dan 2 semester untuk tahap profesi ners)
182 SKS setara dengan 290.1 ECTS
Tipe Studi Model penuh waktu
Tanggal program dimulaimdalam satu tahun akademik dan pertama kali program ditawarkan Tanggal mulai dalam tahun akademik: Agustus minggu ketiga setiap tahunnya.
Program dibuka sejak tahun 1999.
Aturan tambahan Peraturan Akademik:
1.   Pada kegiatan early exposure, siswa tidak diizinkan untuk melakukan intervensi keperawatan berisiko tinggi seperti: prosedur invasif.
2.   Untuk dapat memprogram mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata), smahasiswa harus telah menyelesaikan setidaknya 110 SKS.
3.   Untuk dapat memprogram skripsi sarjana, siswa harus telah melusi semua mata kulian lainnya.

Peraturan Praktik Profesi Ners:
1.   Mahasiswa harus memprogramkan Praktek Keperawatan Dasar sebelum memprogramkan gerbong praktek keperawatan lanjut lainnya.
2.   Untuk dapat memprogramkan mata kuliah Peminatan Keperawatan, mahasiswa harus telah melulusi semua gerbong praktek keperawatan lainnya.

Drop-Out Rules

 

Aturan drop-out didasarkan pada Surat Keputusan oleh Rektor Universitas Hasanuddin (Nomor: 1870/H04/ 2009). Siswa dinyatakan drop-out apabila:
1.   Mengundurkan diri sendiri.
2.   Alasan akademis:
3.   Mahasiswa yang pada akhir semester keempat tidak mencapai IPK = 2.00 dihitung dari setidaknya 48 kredit yang telah dicapai,
4.   Belum menyelesaikan studi pada akhir semester XIV.

Pelanggaran etika dan aturan hukum berdasarkan Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin (Nomor: 46919/UN.2/ IT.03/2016) tentang Pelanggaran Etis Mahasiswa.

Persyaratan Khusus Siswa tidak menderita buta warna dan / atau cacat yang diidentifikasi selama pemeriksaan medis pada tahap registrasi ulang.

 

Perguruan tinggi yng menjaditolak ukur

1.   University of Indonesia
2.   Universitas Gadjah Mada
3.   Hanze University of Applied Science, Groningen, The Netherlands

 

Profil Lulusan

1.   Komunikator
2.   Pendidik dan Promotor Kesehatan
3.   Pemberi Asuhan Keperawatan
4.   Manajer dan Pemimpin
5.   Peneliti
Alumni 97,6% alumni bekerja dengan keahlian mereka dengan masa tunggu kerja rata-rata 2 bulan.

 

Fasilitas Belajar Mengajar

1.   Fasilitas ruang kelas
2.   Fasilitas Laboratorium Keterampilan Keperawatan
3.   Penyediaan TI / akses internet gratis dan fasilitas komputer
4.   Perpustakaan, perpustakaan elektronik (http://digilib.unhas.ac.id.), Dan jurnal elektronik (http://journal.unhas.ac.id) dan Ruang Baca
5.   Fasilitas e-learning (Learning Management System)
6.   Pusat olahraga universitas
7.   Serikat Mahasiswa dan Klub
8.   Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin & Rumah sakit Mitra
9.   Puskesmas Mitra

 

Dosen Tetap Program Studi

Secara total, ada 34 Dosen Tetap Program Studi (DTPS) dengan kualifikasi:
1.   Dua (2) dosen dengan jabatan fungsional guru besar
2.   Empat (5) dosen dengan jabatan fungsional lektor kepala
3.   17 dosen dengan jabatan fungsional lektor
4.   13 dosen dengan jabatan fungsional asisten ahli/ pengajar

 

Sarana dan Prasarana Pendukung Pembelajaran

1.     Ruang Kuliah (17 unit /1529,58 m2)
2.     Ruang Kerja Dosen (5 unit/ 324,84 m2)
3.     Ruang Tutorial/ Diskusi (3 Unit/ 207,41 m2)
4.     Kantor & Administrasi ( 5 Unit/ 560 m2)
5.     Ruang Baca (1 Unit/ 70,81 m2)
6.     Ruang Laboratorium (14 Unit/ 648,61 m2)

 

Prospek Lapangan Kerja Lulusan

1.     Instansi Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik)
2.     Institusi Pendidikan keperawatan (Tenaga pendidik)
3.     Kantor Pelayanan Publik Milik Pemerintah dan Swasta (Dinas Kesehatan, KKP, BPJS, BKKBN dll)
Tanggal spesifikasi program diperbaharui Maret 2022

Program ini terdiri dari 182 SKS, di mana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 ; Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Perawat Profesional (Ners).

Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 7 (tujuh) semester selama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan yang terdiri dari 48 mata kuliah dengan 146 SKS. Studi tahun pertama memberikan keterampilan terkait perilaku sains sosial dan etika keperawatan. Tahun ke-2 program studi menawarkan ilmu dasar biomedis dan ilmu keperawatan. Tahun ke-3 studi memberikan keterampilan ilmu klinis dan keperawatan yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti.

Program perawat profesional (Ners) diselesaikan dalam 2 (dua) semester selama setahun yang terdiri dari 14 mata kuliah dengan 36 SKS. Selama tahun ke-4 dan 5 memberikan keterampilan klinis & professional keperawatan, mahasiswa akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas.

SEM. KODE MK KURIKULUM FKEP UNHAS 2021 SKS Distribusi SKS
Mata Kuliah Teori Praktik
Program Sarjana Keperawatan
Semester I 18F03110612 Pendidikan Agama Islam 2 2
18F05110642 Pendidikan Agama Katholik
18F05110662 Pendidikan Agama Protestan
18F09110682 Pendidikan Agama Hindu
18F09110702 Pendidikan Agama Budha
18F09110722 Pendidikan Agama Khonghucu
18E05110792 Pancasila 2 2
18F01110752 Bahasa Indonesia 2 2
18F04110762 Bahasa Inggris Keperawatan 1 2 1 1
21R01110105 Ilmu Biomedik Dasar 5 4 1
21R01110203 Falsafah dan Teori Keperawatan 3 3
21R01110303 Konsep Dasar Keperawatan 3 3
21R01110403 Proses Keperawatan & Berfikir Kritis 3 3
22 20 2
Semester II 18E05110782 Kewarganegaraan 2 2
21R01110505 Ilmu Dasar Keperawatan 5 4 1
21R01110603 Farmakologi Keperawatan 3 2 1
21R01110702 Komunikasi dasar Keperawatan 2 1 1
21R01110802 Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan 2 2
21R01110904 Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia 4 3 1
21R01111004 Keterampilan Dasar Keperawatan 4 2 2
21R01111102 Bahasa Inggris Keperawatan II 2 1 1
24 17 7
Semester III 21R01120103 Komunikasi Terapeutik Keperawatan 3 2 1
21R01120203 Pendidikan dan Promosi kesehatan 3 2 1
21R01120302 Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam keperawatan 2 1 1
21R01120402 Sistem Informasi Keperawatan 2 1 1
21R01120505 Keperawatan Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori dan Hematologi 5 3 2
21R01120604 Keperawatan Maternitas 4 2 2
21R01120702 Bahasa Inggris Keperawatan III 2 1 1
18E07110732 Wawasan Sosial Budaya Maritim 2 2
23 14 9
Semester IV 21R01120805 Keperawatan Dewasa Sistem Endokrin, Pencernaan, Perkemihan dan Imunologi 5 3 2
21R01120903 Keperawatan Kesehatan Jiwa & Psikososial 3 2 1
21R01121002 Keperawatan Kesehatan Reproduksi 2 1 1
21R01121104 Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut 4 2 2
21R01121204 Keperawatan Keluarga 4 3 1
21R01121302 Konsep Keperawatan Komunitas 2 1 1
ELEKTIF:
21R01121402 a. Bahasa Arab 2 1 1
21R01121502 b. Bahasa Jepang
21R01121602 c. Bahasa Mandarin
21R01121702 Kewirausahaan 2 2
  24 15 9
Semester V 21R01130105 Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori & Persarafan 5 3 2
21R01130204 Keperawatan Gerontik 4 3 1
21R01130302 Keperawatan Anak Sakit Kronis & terminal 2 2
21R01130403 Keperawatan Psikiatri 3 2 1
21R01130503 Keperawatan Agregat Komunitas 3 2 1
21R01130604 Keperawatan Gawat Darurat 4 3 1
21R01130703 Keperawatan Penyakit Tropis & Penyakit Menular 3 3
24 18 6
Semester VI 21R01130804 Metodologi Penelitian 4 3 1
21R01130902 Biostatistik 2 1 1
21R01131003 Keperawatan Kritis 3 2 1
21R01131102 Keperawatan Bencana 2 1 1
21R01131202 Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif 2 1 1
21R01131304 Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan 4 3 1
21R01131402 Kokurikuler Keperawatan 2 2
19 11 8
Semester VII 21R01149604 KKN 4 4
21R01140106 Skripsi 6 6
10 0 10
TOTAL 146 95 51
Program Profesi Ners
Semester VIII 21R01410102 Keperawatan Dasar 2 2
21R01410203 Keperawatan Medikal Bedah 1 3 3
21R01410303 Keperawatan Medikal Bedah 2 3 3
21R01410403 Keperawatan Jiwa 3 3
21R01410503 Keperawatan Maternitas 3 3
21R01410603 Keperawatan Anak 3 3
Semester IX 21R01410703 Keperawatan Gawat Darurat 3 3
21R01410802 Keperawatan Kritis 2 2
21R01410903 Keperawatan Komunitas 3 3
21R01411002 Keperawatan Keluarga 2 2
21R01411102 Keperawatan Gerontik 2 2
21R01411202 Manajemen Keperawatan 2 2
Elektif Klinik:
21R01411302 Emergency Nursing 2 2
21R01411402 Adult Critical Care
21R01411502 Pediatric Critical Care
21R01411602 Cardiovascular Critical Care
21R01411702 Perioperative Nursing
21R01411802 Wound Care
21R01411902 Psychiatric and Mental Health Nursing
21R01412002 Community Health Nursing & Home Care
21R01412102 Maternity Nursing
21R01412202 Nursing Management
21R01412303 Karya Ilmiah Akhir (KIA) 3 3
TOTAL 36 36
TOTAL SKS S1 & NERS 182 95 87

 

DOSEN HOMEBASE S1 KEPERAWATAN

Yuliana Syam

Dr. Yuliana Syam, S.Kep., Ns., M.Si

New_Syahrul Said

Syahrul, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D

Andriani.1

Andriani, S.Kep., Ns., M.Kes

Nurhaya Nurdin

Nurhaya Nurdin, S.Kep., Ns., MN., MPH

Tuti Seniwati

Tuti Seniwati, S.Kep., Ns., M.Kes

Nurlaila Fitrianti

Nurlaila Fitriani, S.Kep., Ns., M.Kep. Sp.Kep.J

Arnis-Puspitha-R-215x300

Arnis Puspitha R, S.Kep., Ns., M.Kes

WhatsApp Image 2023-09-11 at 19.40.02

Andi Baso Tombong, S.Kep., Ns., M.ANP

zLdCjf3u0G_17-840x560

Nur Fadilah, S.Kep., Ns., MN

DOSEN HOMEBASE PROFESI NERS

New_Suni Hariati (1)

Dr. Suni Hariati, S.Kep., Ns., M.Kep

WhatsApp Image 2023-09-16 at 06.17.20

Moh. Syafar Sangkala, S.Kep., Ns., MANP

Nurhidayat Jafar

Nuurhidayat Jafar, S.Kep., Ns., M.Kep

Ns Silvi

Silvia Malasari, S.Kep., Ns., MN

Wa Ode Nur Isnah

Wa Ode Nur Isnah sabriyanti, S.Kep., Ns., M.Kes

WhatsApp_Image_2023-09-14_at_16.08.13-removebg-preview

Andi fajrin Permana, S.Kep., Ns., M.Sc

AKREDITASI S1 KEPERAWATAN

Sarjana-Ilmu-Keperawatan-Mei-19-Mei-24_page-0001

AKREDITASI PROFESI NERS

Profesi-Ners-Mei-19-Mei-24_page-0001

AKREDITASI INTERNASIONAL

ASIIN-Jun-19-Sep-24_page-0001