1. Visi
“Pada tahun 2025, Program Studi Ilmu Keperawatan menjadi pusat ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang insani, berbasis Benua Maritim Indonesia dan berdaya saing global yang unggul dalam bidang Keperawatan Penyakit Tropis”
2. Misi
- Meningkatkan mutu pendidikan keperawatan melalui sistem pendidikan terpadu dan berbasis kompetensi dengan memanfaatkan para tenaga profesional kesehatan dan penyelenggaraan manajemen yang akuntabel
- Memacu aktivitas penelitian di lingkungan Prodi Ners Unhas yang berfokus pada keperawatan penyakit tropis dan memiliki daya ungkit bagi pengembangan mutu pendidikan dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan IPTEKS mutakhir
- Melakukan pengabdian masyarakat bersama mahasiswa secara lintas program dan sektoral dalam bentuk desa binaan, pelatihan, seminar, dan workshop
- Menyelenggarakan tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang efektif dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi
- Menjalin kerjasama dengan pusat-pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik lokal, regional, nasional dan internasional
3. Profil Lulusan
- Komunikator: Melakukan komunikasi terapeutik kepada pasien, keluarga dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan, dan komunikasi efektif dalam berkolaborasi dengan tim kesehatan.
- Pendidik dan promotor kesehatan: Melakukan edukasi dan promosi kesehatan pada sistem klien untuk mencapai kemandirian dalam merawat dirinya dan peningkatan derajat kesehatan keluarga dan komunitas.
- Pemberi asuhan keperawatan: Memberikan asuhan keperawatan profesional pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di tatanan klinik, keluarga dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif, holistik dan berbasis bukti penelitian.
- Manajer dan Pemimpin: Bertindak sebagai manajer dan pemimpin dalam pemberian pelayanan dan asuhan keperawatan yang menjamin keselamatan pasien dan untuk mengevaluasi pelayanan dan asuhan keperawatan.
- Peneliti: Menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah berbasis bukti penelitian dan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah keperawatan dan kesehatan.
4. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Daerah | Kode | Hasil Belajar |
Sikap (S) | S1 | Bertaqwa kepada Tuhan YME, berjiwa maritim, menunjukkan sikap profesional, prinsip etik, perspektif hukum dan budaya dalam keperawatan. |
Pengetahuan (P) | P1 | Menguasai ilmu keperawatan, sistem informasi dan teknologi kesehatan untuk melakukan asuhan keperawatan berdasarkan pendekatan proses keperawatan yang berbasis bukti penelitian. |
Keterampilan Umum (KU) | KU1 | Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi secara lisan dan tulisan yang bermanfaat bagi pengembangan profesi keperawatan di tingkat nasional dan international yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi. |
KU2 | Memiliki kompetensi kerja dalam melaksanakan asuhan dan pelayanan keperawatan yang mampu bersaing secara nasional dan global. | |
Keterampilan Khusus (KK) | KK1 | Mampu mengelola asuhan keperawatan yang komprehensif dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) berdasarkan hasil penelitian sesuai standar asuhan keperawatan di seluruh area keperawatan sesuai dengan kewenangannya, khususnya penyakit-penyakit yang umum terjadi di Indonesia sebagai negara tropis dan maritim. |
KK2 | Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat untuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya. | |
KK3 | Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dan kesehatan sesuai dengan kewenangan dan tanggungjawabnya melalui kerjasama dengan sesama perawat dan kolaborasi dengan tim kesehatan lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang sehat. | |
KK4 | Mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan dengan menerapkan keterampilan meneliti dan mengintegrasikan teori ke dalam praktik keperawatan. | |
KK5 | Mampu meningkatkan keahlian profesional di bidang keperawatan melalui pembelajaran seumur hidup. |
5. Spesifikasi Program Studi
Nama Program | Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Profesi Ners (Ns) |
Unit Pengelola Program Studi (UPPS) | Fakultas Keperawatan |
Institusi | Universitas Hasanuddin |
Alamat | Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Indonesia 90245 |
Email and Website | Email: undergraduate.nursing@unhas.ac.id Web : https://nursing.unhas.ac.id/ |
Detail akreditasi oleh badan professional atau hukum
|
Peringkat akreditasi = ‘A’ oleh LAM- PTKES pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan LAM-PTKes No.0239 / LAM-PTKES / Akr / Sar / V / 2019 untuk Program Studi Ilmu Keperawatan, Peringkat akreditasi = ‘A’ oleh LAM- PTKES pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan SK LAM-PTKes No. 0240 / LAM-PTKes / Akr / Pro / V / 2019 untuk Program Studi Profesi Ners Akreditasi Internasional oleh badan Akreditasi Internasional ASIIN dari Jerman dan berlaku sejak 28 Juni 2019 hingga 30 September 2024. (https://www.eqar.eu/qa-results/search/by-report/report/?id=46943 ) ASIIN merupakan salah satu Lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai SK Kemendikbud Nomor 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional. ASIIN telah teregistrasi pada External Quality Assurance Results (EQAR), yang dinyatakan diakui pada SK tersebut. EQAR merupakan Lembaga yang memeriksa terpenuhinya Standards and Guidelines for Quality Assurance in the European Higher Education Area (EHEA). |
Nama Gelar | Sarjana Keperawatan (S.Kep) Perawat Professional (Ners) |
Persyaratan Pendaftaran
|
Ada tiga pilihan untuk masuk ke program ini: Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Universitas Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk Lokal (JNS) Persyaratan masuk umum untuk ketiga jenis penerimaan ini adalah pelamar telah berhasil menyelesaikan pendidikan menengah mereka (Sekolah Menengah Atas) yang ditunjukkan dengan ijazah kelulusan dari Sekolah Menengah Atas. Persyaratan masuk khusus untuk setiap opsi pendaftaran: 1. Seleksi Nasional Masuk Universitas Negeri (SNMPTN) 2. Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 3. Jalur Masuk Tingkat Universitas (tiga jenis) b. Jalur Prestasi Olahraga, Seni dan Sains c. Jalur kerjasama untuk transfer kurikulum |
Tahun Pertama Meluluskan Mahasiswa | 2001 |
Rata Rata Jumlah Lulusan | 60/ tahun |
Penerimaan Mahasiswa Setiap Tahun | 125 mahasiswa per tahun |
Program Structure and Content |
Program ini terdiri dari 182 SKS, di mana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 fase; Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan program perawat profesional (Ners) Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 7 (tujuh) semester selama 4 (empat) tahun yang terdiri dari 48 mata kuliah dengan 146 SKS. Studi tahun pertama memberikan keterampilan dasar dan pengetahuan tentang teori dan praktik keperawatan dasar. Tahun ke-2 dan ke-3 program studi menawarkan pentingnya teori dan praktik keperawatan. Tahun ke-4 studi terutama memberikan praktik klinis yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti. Program perawat profesional (Ners) diselesaikan dalam 2 (dua) semester selama setahun yang terdiri dari 14 mata kuliah dengan 36 SKS. Selama tahun ke-5, mahasiswa akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas. |
Strategi Pengajaran, Pembelajaran dan Metode Penilaian |
Sepanjang tahun pertama hingga tahun ke-4 studi, mahasiswa akan memiliki pengalaman belajar yang bervariasi, mulai dari model pembelajaran kelas, praktek laboratorium, dan early eksposure baik di rumah sakit/puskesmas maupun di komunitas. Sementara pada fase praktek pprofesi di tahun ke-5, digunakan metode preseptorship atau pendampingan oleh instruktur klinik ataupun supervisor institusi Berbagai metode pembelajaran aktif (Active Lerning) digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan pembelajaran yang berbeda, dan tidak ada mata kuliah yang hanya mengandalkan satu metode pengajaran saja. Beberapa contoh metode pembelajaran yang digunakan antara lain: seminar, studi kasus, bermain peran, diskusi kelompok kecil, think-pair-share, gallery walk, jigsaw, pembelajaran langsung, investigasi kelompok, lokakarya, ceramah, pembelajaran berbasis proyek, demonstrasi, diskusi refleksi kasus, pembelajaran berbasis masalah, latihan keterampilan klinis, dan praktek lapangan. Pembelajaran dinilai dengan presentasi lisan, partisipasi dalam kelas, laporan karya tulis ilmiah dalam berbagai jenis, portofolio, esai, tes lisan, observasi, pemeriksaan klinis terstruktur objektif (OSCE), kinerja tugas, ujian MCQ, tes komprehensif, pengamatan langsung keterampilan prosedural (DOPS), laporan mahasiswa, peer review, pengamatan kelompok dan proses individu pada penugasan berbasis proyek. |
Periode StudiStandar dan poin kredit yang diperoleh |
9 semester (7 semester untuk tahap sarjana keperawatan dan 2 semester untuk tahap profesi ners) 182 SKS setara dengan 290.1 ECTS |
Tipe Studi | Model penuh waktu |
Tanggal program dimulaimdalam satu tahun akademik dan pertama kali program ditawarkan | Tanggal mulai dalam tahun akademik: Agustus minggu ketiga setiap tahunnya. Program dibuka sejak tahun 1999. |
Aturan tambahan | Peraturan Akademik: 1. Pada kegiatan early exposure, siswa tidak diizinkan untuk melakukan intervensi keperawatan berisiko tinggi seperti: prosedur invasif. 2. Untuk dapat memprogram mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata), smahasiswa harus telah menyelesaikan setidaknya 110 SKS. 3. Untuk dapat memprogram skripsi sarjana, siswa harus telah melusi semua mata kulian lainnya. Peraturan Praktik Profesi Ners: |
Drop-Out Rules
|
Aturan drop-out didasarkan pada Surat Keputusan oleh Rektor Universitas Hasanuddin (Nomor: 1870/H04/ 2009). Siswa dinyatakan drop-out apabila: 1. Mengundurkan diri sendiri. 2. Alasan akademis: 3. Mahasiswa yang pada akhir semester keempat tidak mencapai IPK = 2.00 dihitung dari setidaknya 48 kredit yang telah dicapai, 4. Belum menyelesaikan studi pada akhir semester XIV. Pelanggaran etika dan aturan hukum berdasarkan Peraturan Senat Akademik Universitas Hasanuddin (Nomor: 46919/UN.2/ IT.03/2016) tentang Pelanggaran Etis Mahasiswa. |
Persyaratan Khusus | Siswa tidak menderita buta warna dan / atau cacat yang diidentifikasi selama pemeriksaan medis pada tahap registrasi ulang. |
Perguruan tinggi yng menjaditolak ukur |
1. University of Indonesia 2. Universitas Gadjah Mada 3. Hanze University of Applied Science, Groningen, The Netherlands |
Profil Lulusan |
1. Komunikator 2. Pendidik dan Promotor Kesehatan 3. Pemberi Asuhan Keperawatan 4. Manajer dan Pemimpin 5. Peneliti |
Alumni | 97,6% alumni bekerja dengan keahlian mereka dengan masa tunggu kerja rata-rata 2 bulan. |
Fasilitas Belajar Mengajar |
1. Fasilitas ruang kelas 2. Fasilitas Laboratorium Keterampilan Keperawatan 3. Penyediaan TI / akses internet gratis dan fasilitas komputer 4. Perpustakaan, perpustakaan elektronik (http://digilib.unhas.ac.id.), Dan jurnal elektronik (http://journal.unhas.ac.id) dan Ruang Baca 5. Fasilitas e-learning (Learning Management System) 6. Pusat olahraga universitas 7. Serikat Mahasiswa dan Klub 8. Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin & Rumah sakit Mitra 9. Puskesmas Mitra |
Dosen Tetap Program Studi |
Secara total, ada 34 Dosen Tetap Program Studi (DTPS) dengan kualifikasi: 1. Dua (2) dosen dengan jabatan fungsional guru besar 2. Empat (5) dosen dengan jabatan fungsional lektor kepala 3. 17 dosen dengan jabatan fungsional lektor 4. 13 dosen dengan jabatan fungsional asisten ahli/ pengajar |
Sarana dan Prasarana Pendukung Pembelajaran |
1. Ruang Kuliah (17 unit /1529,58 m2) 2. Ruang Kerja Dosen (5 unit/ 324,84 m2) 3. Ruang Tutorial/ Diskusi (3 Unit/ 207,41 m2) 4. Kantor & Administrasi ( 5 Unit/ 560 m2) 5. Ruang Baca (1 Unit/ 70,81 m2) 6. Ruang Laboratorium (14 Unit/ 648,61 m2) |
Prospek Lapangan Kerja Lulusan |
1. Instansi Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik) 2. Institusi Pendidikan keperawatan (Tenaga pendidik) 3. Kantor Pelayanan Publik Milik Pemerintah dan Swasta (Dinas Kesehatan, KKP, BPJS, BKKBN dll) |
Tanggal spesifikasi program diperbaharui | Maret 2022 |
Program ini terdiri dari 182 SKS, di mana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 ; Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan Perawat Profesional (Ners).
Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 7 (tujuh) semester selama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan yang terdiri dari 48 mata kuliah dengan 146 SKS. Studi tahun pertama memberikan keterampilan terkait perilaku sains sosial dan etika keperawatan. Tahun ke-2 program studi menawarkan ilmu dasar biomedis dan ilmu keperawatan. Tahun ke-3 studi memberikan keterampilan ilmu klinis dan keperawatan yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti.
Program perawat profesional (Ners) diselesaikan dalam 2 (dua) semester selama setahun yang terdiri dari 14 mata kuliah dengan 36 SKS. Selama tahun ke-4 dan 5 memberikan keterampilan klinis & professional keperawatan, mahasiswa akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas.
1. Dosen Berdasarkan Keilmuan / Departemen Keperawatan
2. Dosen Berdasarkan Jabatan Fungsional
2. Staff Handbook
DOSEN HOMEBASE S1 KEPERAWATAN
Dr. Yuliana Syam, S.Kep., Ns., M.Si
Syahrul, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D
Andriani, S.Kep., Ns., M.Kes
Nurhaya Nurdin, S.Kep., Ns., MN., MPH
Tuti Seniwati, S.Kep., Ns., M.Kes
Nurlaila Fitriani, S.Kep., Ns., M.Kep. Sp.Kep.J
Arnis Puspitha R, S.Kep., Ns., M.Kes
Andi Baso Tombong, S.Kep., Ns., M.ANP
Nur Fadilah, S.Kep., Ns., MN
DOSEN HOMEBASE PROFESI NERS
Dr. Suni Hariati, S.Kep., Ns., M.Kep
Moh. Syafar Sangkala, S.Kep., Ns., MANP
Nuurhidayat Jafar, S.Kep., Ns., M.Kep
Silvia Malasari, S.Kep., Ns., MN
Wa Ode Nur Isnah sabriyanti, S.Kep., Ns., M.Kes
Andi fajrin Permana, S.Kep., Ns., M.Sc