Latar Belakang
KLB Gizi Buruk di Asmat, tingginya angka kejadian penyakit tropis menular (TB, malaria), HIV/AIDS, rendahnya cakupan imunisasi dan tingginya AKI (392/100.000 kelahiran hidup. Kurangnya tenaga kesehatan terlatih yang berasal dari luar yang bisa beradaptasi dengan lingkungan di Asmat dan yang bisa menjangkau berbagai pemukiman masyarakat Asmat yang tinggal di berbagai distrik yang tersebar. Pelayanan kesehatan saat ini masih dilakukan oleh suster gereja dan pendeta. Diinisiasi kerjasama oleh Universitas Hasanuddin melalui tiga fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Asmat untuk mendidik dan melatih putra-putri penduduk asli Kabupaten Asmat PS Vokasi kesehatan Daerah Terpencil
Sejarah Program Studi
Didirikan sesuai SK Rektor Universitas Hasanuddin No. 3677/UN4.1/KEP/2019 tentang Pembukaan Program Studi Kesehatan Daerah Terpencil Program Diploma Tiga (D-III) Vokasi pada Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Nama PS berubah menjadi Program Studi DIII Keperawatan dan Kesehatan Daerah Terpencil pada Fakultas Kedokteran sesuai SK Rektor No. 560//UN4.1/KEP/2021 Pada 11 Juni 2021 resmi bergabung ke Fakultas Keperawatan sesuai SK Rektor No. 3498/UN4.1/KEP/2021tentang perubahan nama Program Studi DIII Keperawatan dan Kesehatan Daerah Terpencil pada Fakultas Kedokteran menjadi Program Studi DIII Keperawatan pada Fakultas Keperawatan.
Program Studi D.III Keperawatan Fakultas Keperawatan Universiltas Hasanuddin dalam rapat kerja yang dilaksanakan di Makassar pada tanggal 4 Januari 2022 menyusun draft visi, misi, tujuan dan strategi dan dilanjutkan dengan Finalisasi melalui rapat koordinasi tim task force prodi D.III Keperawatan pada tanggal 11 Januari 2022. Adapun visi, misi, tujuan dan strategi Program Studi D.III Keperawatan adalah sebagai berikut :
Visi
Pusat pendidikan vokasi keperawatan yang menghasilkan perawat humanis, berdaya saing global yang unggul dan berbasis benua maritim Indonesia dalam pencegahan dan penanganan masalah kesehatan komunitas di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal pada tahun 2025.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal berbasis maritim dalam menangani masalah kesehatan komunitas di terdepan, terpencil dan tertinggal.
- Mengembangkan hasil penelitian dasar keperawatan berbasis klinik dan kesehatan komunitas di terdepan, terpencil, dan tertinggal.
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berbasis bukti untuk peningkatan status kesehatan komunitas di terdepat, terpencil, dan tertinggal.
- Menyelenggarakan tata kelolah program studi yang efektif dan bereputasi.
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional untuk meningkatkan daya saing dan reputasi lulusan.
Tujuan
- Menghasilkan insan vokasi keperawatan yang berwawasan global dan berkarakter nilai-nilai budaya benua maritim Indonesia.
- Mengembangkan ilmu keperawatan melalui penelitian bereputasi internasional, khususnya pada area kesehatan komunitas khususnya di terdepan, terpencil dan tertinggal serta peningkatan kualitas layanan, dan Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis bukti untuk peningkatan derajat kesehatan, khususnya di terdepan, terpencil dan tertinggal.
- Meningkatkan reputasi internasional (disertai penjelasan singkat)
- Mewujudkan tata kelola dan layanan program studi yang berkualitas
- Mewujudkan kerjasama dengan instansi negeri maupun swasta, baik
- Lokal, regional, nasional, maupun internasional.
Sasaran
- Meningkatnya kualitas lulusan.
- Meningkatnya kualitas dosen.
- Meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran.
- Menguatnya kapasitas inovasi, relevansi serta produktivitas riset, dan menguatnya kapasitas dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan bidang ilmu
- Pengembangan akreditasi program studi
- Terwujudnya tata kelola dan digitalisasi Pendidikan tinggi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel
- Terwujudnya kerjasama dengan instansi lokal, regional, nasional, maupun internasional.
WHICH | MK CODE | SUBJECT | SKS |
Semester I | 19C01710102 | Islamic religious education | 2 |
Catholic Religious Education | |||
Ptotestan Religious Education | |||
19C01710202 | Pancasila | 2 | |
19C01710302 | Citizenship | 2 | |
19C01710402 | Indonesian | 2 | |
19C01710504 | Basic Biomedical Sciences | 4 | |
19C01710602 | Anthropology of Health | 2 | |
19C01710702 | Maritime Socio-Cultural Insights | 2 | |
19C01710802 | Communication | 2 | |
Semester II | 19C01710902 | Nursing ethics | 2 |
19C01711002 | Pathophysiology | 2 | |
19C01711103 | Pharmacology | 3 | |
19C01711202 | Basic Nursing Concepts | 2 | |
19C01711305 | Basic Nursing | 5 | |
19C01711402 | Nursing Methodology | 2 | |
19C01711502 | Science and Technology Insights | 2 | |
19C01711602 | English | 2 | |
19C01711702 | Psychology | 2 | |
Semester III | 19C01720102 | Health Promotion | 2 |
19C01720202 | Nutrition and Diet | 2 | |
19C01720303 | Life Cycle Nutrition | 3 | |
19C01720403 | Assessment of Nutritional Status and Basics of Nutritional Care | 2 | |
19C01720502 | Managemen Patient Safety | 2 | |
19C01720603 | Basic Kep Clinical Practice | 3 | |
19C01720702 | Nursing Management | 2 | |
19C01720802 | Tropical Diseases | 3 | |
Semester IV | 19C01720903 | Basic Environmental Health and Residential Environmental Health Practices | 3 |
19C01721003 | Epidemiological Surveillance | 3 | |
19C01721102 | Health Care System | 2 | |
19C01721203 | Medical Surgical Nursing I | 3 | |
19C01721302 | Medical Surgical Nursing Clinical Practice I | 2 | |
19C01721403 | Mental Nursing | 3 | |
19C01721502 | Nursing Documentation | 2 | |
19C01721602 | Health Information System | 2 | |
Semester V | 19C01730103 | Medical Surgical Nursing II | 3 |
19C01730202 | Medical Surgical Nursing Clinical Practice II | 2 | |
19C01730303 | Pediatric Nursing | 3 | |
19C01730403 | Maternity Nursing | 3 | |
19C01730503 | Maternity Nursing Clinical Practice | 2 | |
19C01730602 | Kep Emergency and Disaster Management | 2 | |
19C01730702 | Entrepreneurship | 2 | |
Semester VI | 19C01730803 | Family Nursing | 3 |
19C01730903 | Gerontic Nursing | 2 | |
19C01731008 | Field Practice | 8 | |
19C017301104 | Scientific Writing (KTI) | 4 | |
TOTAL NUMBER OF CREDITS | 115 |
HOMEBASE - DIPLOMA IN NURSING
Nurmaulid, S.Kep., Ns., M.Kep
Indra Gaffar, S.Kep., Ns., M.Kep
Hapsah, S.Kep., Ns., M.Kep
Akbar Harisa, S.Kep., Ns., MN
Framita Rahman, S.Kep., Ns., M.Kep
Mulhaeriah, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep
Syahrul Ningrat, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep., MB